• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
KULIAH UMUM PRODI IAT BERSAMA SYEKH MEKAH

KULIAH UMUM PRODI IAT BERSAMA SYEKH MEKAH

Senin, 20 November 2023. Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir (IAT) Institut Daarul Qur`an Jakarta mengadakan kegiatan tahunan yakni Kuliah Umum dengan mengambil judul “Metodologi Dasar-Dasar Dakwah Perspektif Surat Hud : Sebuah Refleksi dan Implementasi” bersama Syekh Majid bin Saleh Al-Qurashi dari Mekah. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga berakhir pada 12.00 WIB.

Acara diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara yaitu Muhammad Fathan (Mahasiswa IAT semester 3). Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur`an oleh Azriel Dwi Putra (Mahasiswa IAT semester 3). selanjutnya yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan dipandu oleh Mahasiswi IAT semester 3 yaitu Siti Hajar.

Rektor Institut Daarul Qur`an Jakarta, Dr. Muhammad Anwar Sani membuka acara secara resmi serta menyampaikan sambutan dan apresiasi atas kedatangan Syekh Majid bin Saleh Al-Qurashi. Selain itu, Pria alumni UIN Jakarta ini mengharapkan agar kegiatan kuliah umum dapat memberikan manfaat berupa inspirasi bagi mahasiswa untuk tetap berkarya.

Pada kuliah umum ini, Syekh Majid menjelaskan mengenai dasar-dasar dakwah yang terdapat dalam surat Hud. Pria asal Mekah tersebut membagi pembahasan menjadi beberapa sub bahasan sesuai jumlah Maqra` yang terdapat dalam surat Hud. Inti dari sub tema yang terdapat dalam surat tersebut adalah sifat istiqomah atau konsisten. Parameter keberhasilan dakwah bukan dilihat dari kuantitas atau jumlah pengikut, namun lebih ditekankan pada kualitas dakwah. Syekh Majid melanjutkan bahwa untuk mencapai dakwah yang berkualitas, maka dibutuhkan konsistensi dalam pelaksanaannya. Sehingga, dengan ini Pria Arab Saudi ini mengajak peserta untuk merenungkan kembali ayat-ayat yang terdapat dalam surat Hud.

Kemudian, terdapat tambahan penjelasan dari Syekh Muhammad Umar mengenai konsistensi. Pria asal Sudan tersebut menambahkan penjelasan Syekh Majid, bahwa istiqomah atau konsistensi merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan.

Acara ditutup dengan penyerahan cendera mata dari pihak panitia penyelenggara kepada pemateri lalu ditutup dengan foto bersama. Wallahu A’lam Bisshowab
75 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *