• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Sambutan Hangat Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Saat dikunjungi Yayasan Imam Syafei Bandung dalam kegiatan Studi Banding ke Institut Daarul Quran

Sambutan Hangat Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Saat dikunjungi Yayasan Imam Syafei Bandung dalam kegiatan Studi Banding ke Institut Daarul Quran

Tangerang – Institut Daarul Quran Jakarta menyambut puluhan Mahasiswa serta Dosen Yayasan Imam Syafei Bandung dalam kegiatan Studi Banding pada Kamis 22 Desember 2022.

Kegiatan ini disambut baik oleh Rektorat Institut Daarul Quran Jakarta, terlebih lagi Fakultas Ushuluddin selaku pihak yang menaungi Prodi Ilmu Al-Quran & Tafsir dan Prodi Ilmu Hadits.

Ustad Moh.Muallim Lc, MA selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dalam sambutannya, menyampaikan perlunya mempelajari ilmu-ilmu untuk bekal kehidupan. Sebagai manusia pada umumnya dalam menjalani kehidupan tentu harus menyeimbangkan antara ilmu dunia dan ilmu akhirat.

Allah berfirman “Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi.” sitir Dekan Fakultas Ushuluddin.

Kaprodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir juga mengatakan di dalam dinamika keilmuan dan wacana keagamaan yang berkembang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap corak penafsiran Al-Quran. Dengan adanya Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir kita dapat mendalami metode-metode penafsiran Al-Quran yang terjadi karena perbedaan pemahaman terhadap ayat Al-Quran, ucap Ustad Khoirun Nidhom Lc, MA.

Kegiatan Studi Banding ini selain mempererat silaturahmi antar kampus juga sebagai khazanah keilmuan untuk membangun dan mencetak calon mufassir dan muhaddist. Menurut Entus Riyadhy Ahmad, M.Ag selaku pengurus Pendidikan Tinggi Yayasan Imam Syafei Bandung, agenda Studi Banding adalah program non akademik yang dipadukan dengan pelajaran di mata kuliah untuk memotivasi Mahasiswa agar memperluas ilmu serta dapat meningkatkan prestasi di bidang akademik dan non-akademik.

Semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja, namun dapat terjalin kerjasama antar kedua lembaga ini tentunya dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Ujar Ustad Muhammad Ghifari, MA salah satu Dosen Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Mahasiswa perlu disiplin dalam belajar dengan bersungguh-sungguh ketika menuntut ilmu agar mendapat keberkahan ilmu tersebut. Tidak hanya sekedar belajar tetapi mengajarkan ilmu yang didapatkan sehingga terwujudnya masyarakat yang berjiwa Qurani.

Penulis Adillah Zahra

165 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *