• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
PRODI IAT MENGGELAR SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI PERDANA

PRODI IAT MENGGELAR SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI PERDANA

Selasa, 30 Mei 2023 Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir IDAQU Jakarta menyelenggarakan acara perdana yakni seminar proposal skripsi. Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Ushuluddin sejak pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Peserta berasal dari mahasiswa semester 6 yaitu Imamul Arifin, Rendy Tiratna dan Ryan Nurfauzan. Tema pokok yang dibahas dari tiga peserta adalah Living Qura. Ada pun penguji terdiri dari Kaprodi IAT, Khoirun Nidhom, Lc., MA dan Dekan Fakultas Ushuluddin, Mohamad Mualim, Lc., MA.
Seminar pertama dengan peserta Imamul Arifin mengambil judul “Jam’iyyah Al-Waqiah Sebagai Kontrol Masyarakat Kebon Kelapa Desa Tegalgubug” dengan ketua sidang Jaka Ghianovan, S.Th.I, M.Ag. Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 – 10.00 WIB.
Pasca peserta pertama, kemudian dilanjutkan oleh peserta kedua yakni Rendy Tiratna dengan judul “Tradisi Pembacaan Surah Yasi, Ar-Rahman, Al-Waqi’ah, At-Tahrim, Dan Al-Mulk Ba’da Subuh (Studi Living Qur`an di Pesantren Al-Ittihad Kota Tangerang)” dengan ketua sidang Mohamad Mualim, Lc., MA. Sidang dimulai pukul 10.00 – 11.00 WIB.
Setelah kegiatan Solat zuhur, tepat pukul 13.00 WIB dilanjutkan oleh peserta ketiga yakni Ryan Nurfauzan dengan tajuk “Tradisi Pembacaan Al-Kahfi Time Melalui Instagram (Studi Living Qur`an di Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Daarul Qur`an Jakarta) dengan ketua sidang Jaka Ghianovan, S.Th.I, M.Ag.
Tidak lupa pula Dekan Ushuluddin mengungkapkan: “Kami senang melihat semangat dan dedikasi mahasiswa kami dalam menyusun rancangan penelitian yang menarik. Seminar proposal skripsi perdana ini menandai langkah awal mereka dalam mengambil peran sebagai peneliti muda di bidang studi Al-Qur’an dan Tafsir,” kata Dekan Mualim.
Pria asal Blora tersebut juga menambahkan, “Kami berharap bahwa seminar proposal ini akan mendorong semangat penelitian yang lebih dalam di kalangan mahasiswa Fakultas Ushuluddin. Dengan dukungan fakultas, prodi dan pembimbing mereka, kami yakin Imamul Arifin, Rendy Tiratna, dan Ryan Nurfauzan akan melangkah dengan percaya diri dan sukses dalam tahap penelitian mereka.”

Tepat pukul 14.00 WIB kegiatan diakhiri dengan penutup berupa motivasi dari Jaka Ghianovan untuk Ryan Nurfauzan agar tetap semangat dalam mengerjakan skripsi. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa IAT untuk selalu berkarya dalam kebaikan. Wallahu A’lam Bisshowab.

93 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *