• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Kaprodi IAT Mengisi Acara LDKO HMPS IAT IDAQU

Kaprodi IAT Mengisi Acara LDKO HMPS IAT IDAQU

Sabtu, 27 Mei 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir IDAQU Jakarta mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi. Kegiatan ini dilaksanakan dari hari Jumat, 26 Mei 2023 hingga Ahad 28 Mei 2023. Pelatihan yang dilaksanakan di Villa Puncak Resort, Cipanas, Cianjur ini akan diisi oleh beberapa pemateri, salah satunya oleh Khoirun Nidhom, Lc., MA selaku Kaprodi IAT.


Pria yang akrab disapa Ustad Nidhom ini mengisi materi dengan judul “Problem Solving”.
Sebelum acara inti berlangsung, terdapat pembacaan Al Qur’an oleh Wajihi Firda, mahasiswa semester 6 asal Kepulauan Riau.

Menurut Ustad alumni King Saud University ini, problem solving bermula dari diri sendiri dulu. Sebagai contoh hasud, mengapa terjadi demikian? Bisa jadi karena adanya gengsi dalam diri juga iri hati terhadap kesuksesan orang lain. Karena itu, perlu mencari solusi untuk menghindari hasud atau dengki

Pria asal Pati ini juga mengutip surat At Tin ayat 4 mengenai Allah yang menciptakan manusia dalam bentuk sempurna. Manusia memiliki potensi berupa jasmani, akal dan ruhani. Tiga unsur inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.
Kaprodi IAT juga mengutip kisah seorang Bani Israil yang telah membunuh 100 orang. Kemudian orang tersebut hijrah dari kampung halaman menuju tempat bertaubat. Akan tetapi dalam perjalanan orang tersebut wafat, sehingga menimbulkan polemik antara malaikat Rahmat dan Malaikat Azab. Sehingga, karena orang tersebut meninggal pada jarak yang dekat dengan tempat hijrah, maka orang tersebut masuk surga dan taubatnya diterima.
Ustad Nidhom menerangkan pula bahwa langkah utama untuk menyelesaikan masalah adalah musyawarah dan diskusi.

141 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *