• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Duta MSQ Idaqu dari Prodi IAT Idaqu Mengikuti MSQ di Universitas Alma Ata Yogyakarta

Duta MSQ Idaqu dari Prodi IAT Idaqu Mengikuti MSQ di Universitas Alma Ata Yogyakarta


Duta Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) Idaqu mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa PGMI Universitas Alma Ata Yogyakarta. Perlombaan ini diselenggarakan secara online dengan mengirimkan rekaman video, adapun tema acaranya “Satukan Langkah Membangun Generasi Qurani dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Qurani dalam Kehidupan”.

Dalam perlombaan MSQ kali ini Idaqu diwakili oleh 3 mahasiswi yaitu; Adillah Zahra dari Prodi IAT sebagai pensyarah , Karin Oktatiyana Prodi IAT sebagai pembaca terjemah dan Dearty Tri Adilla dari Prodi HES sebagai Qori. Adapun tema yang dipilih oleh Duta MSQ Idaqu kali ini, “Membangun Karakter Bangsa dalam Perspektif Al-Quran” berdasarkan landasan Q.S. Yunus : 57 dan Q.S. Al-A’raf : 96. 

Imam Ali-Ashabuni dalam Shawatut Tafasir menafsirkan Q.S. Yunus : 57 berisikan tentang fungsi-fungsi diturunkannya Al-Qur’an yang memiliki 4 fungsi diantaranya, Al-Quran sebagai pelajaran dari Yang Maha Pengajar, Al-Quran sebagai obat penyakit batin, Al-Quran sebagai petunjuk dari kesesatan dan Al-Quran sebagai rahmat bagi insan nan beriman.

Salah satu dalil yang mereka jadikan landasan dalam Firman Allah SWT yang artinya, “Jikalaulah penduduk negeri beriman dan bertakwa akan diberikan keberkahan dari langit dan bumi tetapi mereka ingkar dan mendustakan ajaran-Nya , maka diberikan siksaan (musibah) sebagai peringatan atas apa yang mereka kerjakan,” menurut Prof. Quraish Shihab menafsirkan Q.S. Al-A’raf : 96.

Ustadz Khoirun Nidhom selaku pembimbing tim MSQ sangat senang dengan semangat dan keaktifan mereka dalam belajar. “Perlombaan seperti ini sangat bagus karena bisa melatih mental mereka serta mereka juga dapat memahami isi kandungan Al-Quran sebagal bekal untuk berdakwah di masyarakat,” ucapnya.

Adillah Zahra mahasiswa asal Bangka yang menjadi ketua tim sekaligus pensyarah, mengatakan ”Menang itu bonus dari Allah yang penting kami sudah mengupayakan yang terbaik apapun hasilnya dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk terus belajar menjadi lebih baik kedepannya,” ucapnya. 

Duta MSQ Idaqu juga menyatakan bahwa ini merupakan hal baru bagi mereka, namun karena mereka telah menetapkan agar hal baru ini bisa menjadi langkah untuk mereka meningkatkan keterampilan dan potensi yang dimiliki. Maka mereka berusaha berlatih dengan semaksimal mungkin dalam mempersiapkan perlombaan. “Apapun hasilnya nanti kami akan tetap bersyukur karena dengan begitu kami mengetahui kekurangannya dari penampilan atau persiapan yang dilakukan sehingga terus belajar dari pengalaman yang sudah didapatkan”, tutup adillah.

154 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *