• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Dosen IAT Pemateri Webinar Nasional Yang di Gelar Idaqu dengan IAIN Pekalongan

Dosen IAT Pemateri Webinar Nasional Yang di Gelar Idaqu dengan IAIN Pekalongan

Dalam rangka merayakan Hari Pahlawan 10 November 2021, Institut Daarul Qur’an Jakarta (Idaqu) bersama IAIN Pekalongan menggelar Webinar Nasional “Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif Al-Qur’an”. Kegiatan ini digelar pada Rabu (10/11) secara online via Zoom Meeting pada pukul 09.30 WIB.

Dalam pembukaan acara tersebut, Dekan Fakultas Ushuluddin Idaqu Ustadz Mohamad Mualim berpendapat bahwa dengan kondisi kultur yang berbeda maka kita akan memiliki sudut pandang yang berbeda. Ia berharap dengan adanya diskusi hari ini bisa mengulas sisi-sisi perjuangan pahlawan dari sudut pandang lain.

Agenda selanjutnya ialah penyampaian materi dari Ustadz Jaka Ghianovan Sekprodi sekaligus Dosen IAT Idaqu Jakarta. Sebelum memulai materi Ustadz Jaka mengajak para peserta webinar untuk membacakan surah Al-Fatihah untuk para pahlawan bangsa yang telah gugur beserta semua orang yang berjasa untuk negeri ini.

Setelah membacakan surah Al-Fatihah, Dosen yang biasa dipanggil Cak Jaka menanyakan pendapat para peserta tentang apasih kebangsaan itu. Banyak mahasiswa dari Idaqu dan IAIN Pekalongan yang berusaha menjawab dengan sudut pandangnya masing-masing. 

Selepas mendengar beberapa pernyataan dari beberapa mahasiswa, Ustadz Jaka menjelaskan tentang kebangsaan menurut terminologi dan etimologi, unsur bangsa antropologis, unsur politik, 4 pilar kebangsaan Indonesia dan ditutup dengan materi kebangsaan dalam Al-Qur’an.

Sedangkan pemateri kedua Ustadz Kurdi Fadal, M. S. I menjelaskan tentang Sejarah Kebangsaan di Era Kenabian yang berkaitan erat dengan Tradisi, Warna Kulit, Agama dan Gender. Lalu diakhiri materinya dengan kisah sejarah bangsa Indonesia.

Kemudian acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Bagi yang merasa tertarik dengan kegiatan Webinar Nasional “Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif Al-Qur’an” bisa mengikuti akun media sosial dan channel youtube di @institutdaqu. 

148 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *