• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Webinar Nasional Prodi IAT Idaqu dan IKHAC “Peran Perempuan dalam Pengembangan Studi Al-Qur’an”

Webinar Nasional Prodi IAT Idaqu dan IKHAC “Peran Perempuan dalam Pengembangan Studi Al-Qur’an”

Kita berada di zaman serba mudah dan bisa diakses kapanpun serta dimana saja. Dimasa seperti saat ini, peran perempuan dalam bidang pengembangan dan penelitian tidak dapat dipungkiri keberadaannya, perempuan juga turur berperan dalam pengembangan ilmu.

Melihat hal tersebut, Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Institut Daarul Qur’an (IAT Idaqu) melakukan kolborasi dengan Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto untuk menggelar webinar dengan tema ”Peran perempuan dalam pengembangan studi Al-Qur’an”. 

Acara ini diselenggarakan secara virtual via Zoom meeting dengan mengusung konsep talkshow edukasi pada Rabu (6/10) pukul: 10.00 WIB. Acara juga disiarkan ulang pada channel YouTube Institut Daarul Qur’an Jakarta. Adapaun narasumber [pada acara kali ini yakni Ustadzah Limmatus Sauda’, M. Hum selaku Kaprodi IAT IKHAC Mojokerto dan Ustadzah Sa’adatul Jannah, S.Th.i., M.A Dosen prodi IAT Idaqu.

Webinar nasional ini diikuti oleh ratusan Mahasiswa dan Mahasiswi serta beberapa dosen dari Idaqu dan IKHAC. Pembahsan webinar ini yang sangat menarik tentang “Peran Perempuan dalam Pengembangan Studi Al-Qur’an”. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Idaqu Ustadz Mohamad Mualim, Lc., M.A. Dalam sambutannya ia berharap melalui adanya acara seperti ini mampu menambah pengetahuan kita sekaligus terus menjalin silaturahmi dengan rasa kekeluargaan agar kedepannya kita bisa meningkatkan kerjasama di bidang lainnya.

“Saya sangat antusias karena tema kali ini saya kira cukup menarik sebab saya sendiri juga perempuan, bagaimanapun dalam sejarah, perempuan memiliki banyak bagian-bagian yang kurang mengenakkan. Dari situlah muncul perbedaan antara laki-laki dan perempuan,” Ucap Ustadzah Faridah sebagai pengganti Dekan Ushuluddin IKHAC.

Melalui webinar ini kita bisa melihat kembali sejarah bagaimana peran perempuan di bidang pengembangan studi Al-Quran, dengan bukti adanya tokoh-tokoh perempuan yang lahir di masa kejayaan Islam.

Dalam webainar dijelaskan banyak materi-materi tentang perempuan di kancah dunia pendidikan Indonesia, bagi yang ingin melihat rekaman ulang dari webinar “Peran Perempuan dalam Pengembangan Studi Al-Qur’an” masih bisa melihat siaran ulangnya di channel youtube Institut Daarul Qur’an Jakarta.

142 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *