• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Sekretaris Prodi IAT IDAQU Meramaikan Sidang FKMTHI Jakarta-Banten

Sekretaris Prodi IAT IDAQU Meramaikan Sidang FKMTHI Jakarta-Banten

Tangerang, 23 Maret 2024. Institut Daarul Qur`an Jakarta kembali menjadi tuan rumah dalam acara Musyawarah Wilayah Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Se-Indonesia (FKMTHI) Wilayah Jakarta-Banten. Acara yang berlangsung tanggal 23 Maret 2024 dilaksanakan di ruang rapat kampus. Tema “Membangun Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Se-Indonesia Wilayah Jakarta-Banten yang Berdaya” menjadi fokus utama dalam diskusi dan kegiatan tersebut. Selain itu, hal ini juga menjadi ajang untuk pemilihan nakhoda baru FKMTHI Jakarta Banten.

Acara ini turut serta dihadiri oleh Sekretaris Prodi IAT IDAQU, Jaka Ghianovan, S.Th.I, M.Ag dan Sekretaris Prodi IH IDAQU, Abil Ash, M.Ag. Acara dibuka pada pukul 15.30 WIB dengan pembawa acara Fadhlan, Mahasiswa Prodi IH Semester 4. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur`an oleh Imam Rifqirridha, Mahasiswa IH semester 2. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” diikuti Mars FKMTHI.

Kegiatan yang bertujuan untuk konsolidasi mahasiswa Tafsir Hadis wilayah Jakarta dan Banten ini turut menghadirkan beberapa kampus seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas PTIQ Jakarta, IIQ Jakarta, STAI As-Syukriyah Tangerang, STAI Sadra Jakarta, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan tidak lupa IDAQU Jakarta.

Setelah sambutan disampaikan oleh perwakilan FKMTHI Pusat, Khofiyatus Solihin lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua FKMTHI Korwil Jakarta-Banten, Restu Fauzi. Pembukaan acara ini dilakukan setelah ada sambutan dari Sekprodi Ilmu Hadis yakni Abil Ash, M.Ag. Pria asli Betawi yang juga alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini dalam pembukaannya menegaskan arti dari kebanggan terhadap almamater khususnya jurusan Tafsir dan Hadis. Ayah dua anak ini juga menambahkan bahwa pada masa beliau kuliah seringkali jurusan ini dipandang miring masyarakat karena tidak menghasilkan apa pun. Namun menurut Ustad Abil, ia tetap optimis dan menawarkan ide berupa “Madesu” atau Masa Depan Sukses. Sehingga, dalam pembukaan ini peserta mulai antusias untuk mengikuti acara.

Kemudian sebagai penutup acara, terdapat motivasi dari Sekrpodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Jaka Ghianovan, M.Ag. Jika sebelumnya, pembukaan disampaikan dengan nada perlahan oleh Sekrpodi IH, maka dalam sesi ini Bang Jek, panggilan akrab dari Sekprodi IAT mulai kembali mengobarkan semangat. Dengan gaya bahasa humoris ala anak Jakarta disertai nada semangat membara, Jaka memaparkan bahwa dulu jika mendengar nama Tafsir dan Hadis, seperti tidak memiliki prospek baik di masa depan. Namun, hal tersebut berbeda pada masa kini. Alumni dari kedua jurusan atau prodi ini sangatlah dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya penasihat keagamaan di lembaga sosial kemasyarakatan, tetapi lembaga negara pun membutuhkan prodi ini seperti 3 matra TNI untuk bagian bina rohani mental begitu pula dengan Polisi dan Badan Intelijen Negara. Sehingga, dengan memaparkan prospek ini menjadikan mahasiswa semakin bersemangat mewarnai bulan suci Ramadhan ini untuk terus bergerak demi kemajuan Islam dan Bangsa. Wallahu A’lam

67 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *