• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir ikut serta dalam kunjungan ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Indonesia

Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir ikut serta dalam kunjungan ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Indonesia

Tangerang – Fakultas Ushuluddin mengadakan Studi Literasi ke Baitul Quran TMII pada 18 Januari 2023.

Kunjungan literasi yang diadakan oleh Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Quran ke Lajnah Tashih di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menambah khazanah keilmuan dan membuka cakrawalah pengetahuan Mahaiswa tentang Sejarah penulisan mushaf Al-Quran.

Kegiatan ini sebagai aktualisasi pembelajaran yang didapatkan oleh Mahasiswa dalam studi Al-Quran. Dengan kunjungan yang dilakukan Mahasiswa dapat melihat langsung bukti pengkajian dan perkembangan mushaf Al-Quran itu sendiri.

Melihat cetakan Al-Quran yang ada saat ini yang dirasa belum bisa menjangkau pemenuhan kebutuhan penyandang disabilitas. Maka Lajnah Tashih sedang menggarap mushaf isyarat untuk tuna rungu dan model brailee untuk tuna netra. Harapannya dengan adanya mushaf ini mampu memberi manfaat untuk mereka, meski dengan keterbatasan yang dimiliki tidak menghalangi mereka untuk tetap belajar Al-Quran.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Ustad Aziz Zidqy, menjelaskan Sejarah rasm Al-Quran dari huruf arab yang tidak berharakat atau gundul total sampai penyempuraan Al-Quran yang kita temui saat sekarang ini serta kebijakan masing-masing negara dalam menentukan dabt atau syakal pada mushaf Al-Quran secara detail.

Selain pemaparan dan penjelasan oleh pihak Lajnah Tahsih Al-Quran, dalam kesempatan ini Mahasiswa dan dosen tak ketinggalan untuk berdiskusi seputar kemushafatan, rasm Al-Quran dan studi Al-Quran di era kontemporer.

Mahasiswa merasa puas dan antusias mendapatkan ilmu baru tentang pengkajian Al-Quran. Pihak Lajnah Tashih juga menawarkan kesempatan magang di Baitul Quran untuk Mahasiswa tingkat akhir Institut Daarul Quran terutama Fakultas Ushuluddin, khususnya di Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran.

Tercatat sudah banyak kampus yang pernah mengirimkan Mahasiswanya ke Baitul Quran untuk magang dengan tujuan mencari ilmu sekaligus pengalaman baru disana. Maka ketika terbuka lebar kesempatan yang luar biasa ini disambut hangat dan menambah semangat para Mahasiswa.

Ustad Khoirun Nidhom, Lc, MA selaku Kepala Prodi Ilmu A-Quran dan Tafsir berharap dengan adanya kunjungan ini, khususnya prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir dapat menjalin silaturahami dan kerjasama dengan Lajnah Tashih Al-Quran serta membahas isu terkait penemuan hal-hal baru seperti mushaf isyarat maupun model brailee dan mengadakan pelatihan di Institut Daarul Quran Jakarta.

205 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *