• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Kajian Hybrid Kitab Jurumiyyah Bersama Kaprodi IAT Idaqu Selama Ramadhan

Kajian Hybrid Kitab Jurumiyyah Bersama Kaprodi IAT Idaqu Selama Ramadhan

Bulan ramadhan adalah momentum untuk menambah nyala semangat pembelajaran. Demi memenuhi hal ini, setiap hari rabu sore menjelang berbuka puasa, kaprodi IAT Idaqu Jakarta, Ustadz Khoirun Nidhom Lc Ma memberikan kajian kitab jurumiyah di bidang ilmu nahwu dan sharaf. Acara ini di ikuti oleh ramai mahasiswa dan mahasiswi secara offline sekaligus juga ditayangkan secara online live di instagram Institutdaqu.

Tujuan dari pengkajian yang berlangsung secara hybrid di Masjid al Anwar Idaqu selama ramadhan ini membahas tentang bagaimana membaca tulisan arab yang tidak berharakat alias gundul dengan kaidah-kaidah yang disepakati sehingga tidak ditemukan adanya pertentangan besar kecuali hanya sedikit perbedaan.

Dalam pemaparan Kaprodi IAT Idaqu dijelaskan bahwa melalui ijtihad para ulama, mereka menyusun karya untuk menjaga keotentikan bahasa arab melalui pembahasan nahwu pun sharaf. Kitab jurumiyah adalah salah satu rujukan kajian nahwu dasar. Hal ini karena susunan redaksi yang sangat mudah dan pembahasan yang sederhana. Kitab ini ditulis oleh ulama asal maroko bernama Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Daud As Shonhaji.

146 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *