• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Dosen IAT Menghadiri Kegiatan PKM Prodi Ilmu Hadis

Dosen IAT Menghadiri Kegiatan PKM Prodi Ilmu Hadis

Program Studi Ilmu Hadist (IH) Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an (Idaqu) Jakarta telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pondok Pesantren Takhassus Putri Cikarang pada Jum’at (29/10).

Para santriwati antusias mengikuti pelatihan ilmu hadis riwayah dan dirayah ini. Pengabdian kepada masyarakat kali ini disampaikan secara langsung oleh Ustadz Zulfarizal selaku Kaprodi IH bersama Ustadz Asgar Muzakki selaku Sekprodi. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengenalkan dasar-dasar tentang ilmu hadits kepada para santriwati. 

Ustadz Mualim selaku dekan Ushuluddin mengaku senang dengan adanya pengabdian kepada masyarakat seperti ini. “Semoga dengan pengabdian masyarakat ini bisa menjelaskan secara rinci tentang dasar-dasar ilmu hadits kepada masyarakat khususnya para santriwati” ucapnya.

“Hadits riwayah adalah segala sesuatu yang dinisbahkan atau disandarkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, sifat-sifat, keadaan dan himmah nya,” ucap Ustadz Zulfa menjelaskan materinya.

“Sedangkan dirayah itu mempelajari tentang hakikat periwayatan, kualitas seorang rawi, sifat perawi, macam-macam periwayatan dan sebagainya lalu dicek kembali apakah bertentangan dengan Al-Qur’an atau hadits lainnya,” lanjutnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat agar masyarakat khususnya santriwati bisa mengetahui tentang sejarah dan perkembangan ilmu hadist baik secara riwayah maupun dirayah”, ucap Nidhom Dosen IAT yang turut hadir di acara PKM.

143 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *