• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Belajar Kitab Kuning Dengan Kaprodi IAT Idaqu

Belajar Kitab Kuning Dengan Kaprodi IAT Idaqu

Di Institut Daarul Quran Jakarta para mahasiswa-mahasiswi diajarkan langsung para dosen yang berkompeten di bidangnya. Para mahasiswa juga dapat melakukan konsultasi dengan dosen yang bersangkutan jika merasa kesulitan dalam memahami materi perkuliahan.

Seperti mahasiswa prodi IAT yang sedang belajar membaca kitab kuning secara Intensif dengan Kaprodi sekaligus dosen IAT Idaqu yaitu Ustad Khoirun Nidhom, Lc.,MA. Mempelajari kitab kuning bisa bermanfaaat untuk memudahkan dalam memahami Al-Quran dan hadits serta kita-kitab turots ulama terdahulu.

Belajar Kitab Kuning sangat urgen untuk memahami sumber-sumber ajaran islam langsung dari kitab aslinya, maka perlu diadakan kajian rutin dan pelatihan-pelatihan yang wajib ditempuh, agar bisa memahami teks-teks arab dengan benar dengan melakukan 3 langkah dasar:

  1. Menguasai ilmu nahwu
    Ilmu nahwu merupakan ilmu yang mempelajari perubahan harakat (baris) akhir suatu kata, serta juga posisi setiap kata dalam sebuah kalimat bahasa Arab sekaligus konsekuensi yang ditimbulkan dari posisi tersebut.
  2. Menguasai ilmu sharaf
    Ilmu sharaf merupakan ilmu yang mempelajari perubahan dari bentuk kata itu sendiri mengikuti pada pola yang ada, seperti bentuk madhi, mudhori’ dll.
  3. Menghafal kosakata bahasa Arab sebanyak mungkin
    Menguasai ilmu sharaf dan ilmu nahwu tanpa menguasai kosakata, sama saja memiliki pistol tanpa peluru, tetap tak bisa digunakan untuk menembak.
165 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *